Hukum Syar’i Tentang Operasi Ganti Kelamin (Transeksual)
- Hukum operasi kelamin
Pertama: Masalah seseorang yang lahir dalam kondisi normal dan sempurna organ kelaminnya yaitu penis (zakar) bagi laki-laki dan vagina (farj) bagi perempuan yang dilengkapi dengan rahim dan ovarium tidak dibolehkan dan diharamkan oleh syariat Islam untuk melakukan operasi kelamin.
Adapun hujjah yang digunakan oleh para ulama dalam masalah ini adalah sebagai berikut:
- Firman Allah Subhana Wa Ta’ala dalam surat Al-Hujurât: 13 yang menurut kitab Tafsir Ath-Thabari mengajarkan prinsip equality (keadilan) bagi segenap manusia di hadapan Allah dan hukum yang masing-masing telah ditentukan jenis kelaminnya dan ketentuan Allah ini tidak boleh diubah dan seseorang harus menjalani hidupnya sesuai kodratnya.
- Firman Allah Subhana Wa Ta’ala dalam surat An-Nisâ’: 119. Menurut kitab-kitab tafsir seperti Tafsir Ath-Thabari, Ash-Shawi, Al-Khazin (I/405), Al-Baidhawi (II/117), Zubadu At-Tafsir (hal.123) dan Al-Qurthubi (III/1963) disebutkan beberapa perbuatan manusia yang diharamkan karena termasuk “mengubah ciptaan Allah” sebagaimana yang dimaksud ayat di atas yaitu seperti mengebiri manusia, homoseksual, lesbian, menyambung rambut dengan sopak, pangur dan sanggul, membuat tato, mengerok bulu alis dan takhannuts (seorang pria berpakaian dan bertingkah laku seperti wanita layaknya waria dan sebaliknya).
- Hadits Nabi n: “Allah mengutuk para tukang tato, yang meminta ditato, yang menghilangkan alis mata, dan orang-orang yang memotong (pangur) giginya, yang semuanya itu untuk kecantikan dengan mengubah ciptaan Allah.” (HR. Al-Bukhari).
- Hadits Nabi n, “Allah mengutuk laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR. Ahmad).
Oleh karena itu kasus ini sebenarnya berakar dari kondisi kesehatan
mental yang penanganannya bukan dengan mengubah ciptaan Allah, melainkan
melalui pendekatan spiritual dan kejiwaan (spiritual and psychological therapy).
Kedua: Operasi kelamin yang bersifat perbaikan (tashhih) atau penyempurnaan (takmil) dan bukan penggantian jenis kelamin,
menurut para ulama diperbolehkan secara hukum syar’i. Jika kelamin
seseorang tidak memiliki lubang yang berfungsi untuk mengeluarkan air
seni dan mani baik penis maupun vagina, maka operasi untuk memperbaiki
atau menyempurnakannya dibolehkan bahkan dianjurkan sehingga menjadi
kelamin yang normal karena kelainan seperti ini merupakan suatu penyakit
(aib) yang harus diobati.
Guna menghindari hal ini, operasi perbaikan atau penyempurnaan kelamin boleh dilakukan berdasarkan prinsip “Mashalih Mursalah”, karena kaidah fiqih menyatakan “Adh-Dhararu Yuzal”
(Bahaya harus dihilangkan) yang menurut Imam Asy-Syathibi menghindari
dan menghilangkan bahaya termasuk suatu kemaslahatan yang dianjurkan
syariat Islam.
Ketiga: Operasi pembuangan salah satu dari kelamin
ganda, yang dilakukan terhadap orang yang sejak lahir memiliki dua
organ/jenis kelamin (penis dan vagina). Menurut Dr. Wahbah Az-Zuhaili
dalam kitabnya Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu bahwa jika selama ini penentuan hukum waris bagi orang yang berkelamin ganda (khuntsa)
didasarkan atas indikasi atau kecenderungan sifat dan tingkah lakunya,
maka setelah perbaikan kelamin menjadi pria atau wanita, hak waris dan
status hukumnya menjadi lebih tegas. Dan menurutnya perbaikan dan
penyempurnaan alat kelamin bagi khuntsa musykil (pemilik kelamin ganda
yang sulit diidentifikasi) sangat dianjurkan demi kejelasan status
hukumnya.
Beberapa Fatwa Ulama Tentang Transeksual
1. Adapun operasi kelamin maka hukumnya haram secara syar’i apabila
hanya disandarkan pada keinginan pribadi tanpa adanya suatu cacat pada
sisi jasmani atau alat kelaminnya yang membolehkan dilakukannya operasi
tersebut. Dan operasi kelamin yang telah banyak dilakukan dan tidak
mengandung unsur cacat secara medis, tetapi hanya dimaksudkan untuk
mempercantik diri dengan menampakkan suatu bentuk tertentu dari
kecantikannya, ataupun mengubah bentuk yang telah ditetapkan oleh Allah
atasnya maka hal ini tidak ada keraguan lagi tentang keharamannya.
Karena di dalamnya ada bentuk perusakan hukum syar’i dan unsur penipuan
serta membahayakan. (Dr. Yasir Shalih M. Jamal, Kepala fakultas
kedokteran bidang operasi anak RS. Universitas Al-Malik ‘Abdul ‘Aziz).
2. Dibolehkannya operasi perbaikan atau penyempurnaan kelamin, sesuai
dengan keadaan anatomi bagian dalam kelamin orang yang mempunyai
kelainan kelamin atau kelamin ganda, juga merupakan keputusan Nahdhatul
Ulama PW Jawa Timur pada seminar “Tinjauan Syariat Islam tentang Operasi Ganti Kelamin” pada tanggal 26-28 Desember 1989 di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, Jawa Timur.
Sehingga jelaslah, jika operasi kelamin dilakukan hanya karena kurang
‘sreg’ dengan kepribadiannya, padahal Allah Subhana Wa Ta’ala telah
mengaruniakannya kelamin yang jelas, maka perbuatan ini diharamkan
secara syar’i, dan hendaknya pelakunya bertobat kepada Allah. wallâhu a’lâmu bish shawâb.